Pages

Rabu, 01 Januari 2014

Tips Menjadi Penulis

Sebenarnya saya bingung waktu mengetik postingan ini. Tips untuk menjadi penulis ya harus banyak-banyak nulis. Udah, gitu doank. Simpel sih,,, Tapi masak postingannya sependek ini? Ya udah deh saya lanjut aja ngetiknya.

Menjadi penulis itu enggak sulit ko', enggak harus meditasi di lereng gunung merapi untuk mendapatkan ide menulis. Terkadang apa yang sedang kita fikirkan itu bisa menjadi bahan untuk ditulis dengan gaya bahasa sendiri. Misal nih, cerita sehari-hari, membayangkan menjadi sesuatu hal, dll.

Semua orang bisa menjadi penulis termasuk saya dan kamu, kamu, dan kamu. Iya kamu,,,
Masih minder,,, nih saya kasih beberapa Tips menjadi penulis. Cekidot.

1. Rajin Membaca
Kalo facebookan jangan cuma nulis status galau aja, sekali-kali baca fanpage yang tersebar di facebook. Banyak fanpage-fanpage di facebook yang tulisannya berbobot, selain menambah wawasan juga membatu kamu menemukan karakter dalam menulis. Atau sering searching di google situs gitu-gituan aja, maksudnya situs gitu-gituan ya situs gituan. Sekali-kali search "cerpen,  dan berbagai artikel lainnya". Majalah, buku, novel, koran, dll. Dapat mengembangkan gaya tulismu.

2. Rajin Nulis
Cari media untuk menuangkan tulisanmu, misal: blog, fanpage, majalah sekolah, dll. Tulis apa yang menurut kamu menarik dan jangan takut dikeritik. Kritikan itu dapat membangun kamu untuk menjadi penulis yang sa'i badai cetar membahana. Ups sory kalimat yang terakhir diketik oleh Syahrani, bukan Syahrini oke.

3. Selalu Membawa Note
Kalau lagi pergi keluar jangan cuma bedak, deodoran, cermin sama pembalut aja yang dibawah. Biasakan membawa note kecil+pensil. Yang namanya ide ya enggak menentu kapan datangnya jadi tulis apa yang menarik difikiranmu saat itu juga. Nah setelah dari catatan kecil itu dapat menjadi ide dalam karya tulis kamu. Terkadang penulis identik selalu membawa laptope, enggak usah deh bawa yang sipel-simpel aja. Hp jaman sekarang kan banyak yang android ya yang menyediakan note di dalamnya, nah itu aja yang kamu manfaatkan.

4. Udah gitu doank
Tips yang terkahir. Udah gitu doank, ya udah gitu doank. Bye.....

0 komentar:

Posting Komentar